Sabtu, 26 Juni 2010

::Tugas IMK::Web Usability (part 1)

USABILITY

Assalamu’alaikum warohmatullahiwabarokatuh......


Apa itu Usability??? Ada yang pernah dengar kata ini? atau ada yang mengerti terkait usability. Bagi temen-temen yang bergelut di dunia ilmu komputer pasti tau apa itu usability. Selayang pandang tentang usability. Usability ini dipelajari pada mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer atau yang akrab disebut IMK di jurusan ilmu komputer (ILKOM) FMIPA IPB. Usability merupakan masalah optimasi penggunaan sistem oleh pengguna. Sistem yang baik akan dipergunakan secara maksimal oleh pengguna sehingga semua kemampuan sistem dapat termanfaatkan.


Nah...sekarang saya akan menggunakan ilmu-ilmu yang saya dapatkan selama kuliah IMK satu semester ini untuk mengkaji satu web yang akan di tinjau dari segi usability. Ini merupakan tugas akhir mata kuliah IMK yang saya ambil pada semseter ini. Jadi saya akan membahas mengenai web usability, yaitu apakah suatu web efekif digunakan, efisien digunakan, aman digunakan, punya utility yang baik, mudah dipelajari, mudah diingat bagaimana menggunakannya. Ada beberapa referensi yang saya ambil untuk mengkaji suatu web tentang usability, diantaranya adalah sebagai berikut:


USABILITY

Dasar-dasar usability (www.usability.gov)

Usability mengacu pada seberapa baik pengguna dapat mempelajari dan menggunakan website untuk mencapai tujuan pengguna dan bagaimana pengguna puas dengan proses yang dapat dilakukan ketika berinteraksi dengan website tersebut. Usability merupakan kombinasi dari faktor-faktor berikut:

1. Ease of learning Seberapa cepat pengguna memahami tujuan dan cara menggunakan suatu web yang baru pertama kali dikunjungi untuk menyelesaikan tugas-tugas pengguna?

2. Efficiency of use Seberapa cepat pengguna dapat menyelesaikan tugas-tugasnya, setelah pengguna memahami tujuan dan cara menggunakan suatu website dari pembelajaran yang dilakuakan sebelumnya?

3. Memorability

Jika seorang pengguna telah mengunjungi suatu website sebelumnya, apakah pengguna masih dapat mengingat kembali bagaimana cara-cara menggunakan website tersebut secara efektif dan efisien ketika pengguna menggunakan website itu kembali setelah beberapa lama tidak mengunjungi website tersebut?? atau apakah pengguna harus memulai belajar dari awal lagi tentang bagaimana cara menggunakan website tersebut??

4. Error frequency and severity

Seberapa sering pengguna melakukan kesalahan ketika menggunakan suatu website?? Seberapa serius kesalahan yang dilakukan pengguna?? dan bagaimana pengguna mengatasi kesalahan yang telah dilakukan?

5. Subjective satisfaction

Berapa banyak pengguna yang suka menggunakan suatu website??


Usability dari ISO 9241

(Alan Dix Et all, 1993)
USABILITY

Prinsip Usability Dix (1993)

  1. Learnability : kemudahan bahwa pengguna baru dapat menggunakan interaksi secara efektif dan memperoleh maximal kinerja.
  2. Flexibility : ragam cara user dan sistem dapat bertukar informasi
  3. Robustness : dukungan untuk user agar dapat mencapai tujuan dengan baik.


Web yang akan saya kaji disini adalah http://www.rumah.com.


USABILITY

2 komentar:

anti mengatakan...

awal ngeeliat webnya menarik karena udah dipisah-pisah berdasarkan daerahnya, jadi kita tinggal milih aja mau ngambil daerah mana.

si.adii mengatakan...

websitenya emang kurang usable n visible, karna user dibuat bingung di halaman awal....

https://amulyadi08.student.ipb.ac.id/