Sabtu, 26 Juni 2010

::Tugas IMK::Web Usability www.rumah.com (part 2)


USABILITY USABILITY

www.rumah.com merupakan media promosi online untuk properti-properi seperti rumah, ruko, apartemen, tanah dan perumahan baru. Tujuan dibuat situs ini memberikan kemudahan bagi seorang penjual yang akan menjual rumah miliknya, dengan cara melakukan registrasi terlebih dahulu kemudian mengisi form yang sudah tersedia dan selanjutnya memasang foto-foto rumah yang akan dijual. Iklan akan langsung dipasang dan dilihat oleh calon pembeli. Sedangkan bagi calon pembeli, situs ini bertujuan membantu calon pembeli untuk mencari rumah yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Calon pembeli bisa melakukan pencarian rumah, apartemen, ruko, tanah, ataupun perumahan baru berdasarkan kriteria propinsi, kota, dan harga yang diinginkan. Rumah, apartemen, ruko, tanah, atau perumahan baru yang dipromosikan pada situs ini tidak hanya untuk properti yang akan dijual saja tetapi ada juga properti untuk yang akan disewakan.

Mari kita kaji situs ini dari segi web usability.

Halaman utama yang baik haruslah bisa membuat pengguna dapat dengan cepat dan mudah memahami tujuan web yang sedang dikunjungi sehingga dapat mempermudah task pengguna. Pada halaman utama website ini terdapat nama web yang dapat menjelaskan produk yang ditawarkan dalam web tesebut. Namun tidak cukup dengan melihat nama web untuk mengerti maksud dibuatnya suatu web tersebut. Rumah.com ternyata tidak hanya mempromosikan rumah saja namun ada produk lain yang ditawarkan seperti tanah. Hal tersebut tidak konsisten dengan nama website tersebut.

Ketika pertama kali mengunjungi rumah.com pengguna langsung dihadapkan dengan gambar-gambar iklan yang mempromosikan produk-produk dari para penjual. Hal tersebut membuat pengguna kurang memahami apa sebenarnya tujuan dari website tersebut. Apakah tujuan website ini menyediakan media transaksi penjualan rumah atau hanya memberikan informasi-informasi tentang produk-produk properti yang akan dijual?? Alangkah baiknya di halaman awal website ini di berikan text singkat yang mudah dibaca oleh pengguna yang dapat menjelasakan tujuan website.

Pengguna mengalami kesulitan untuk mencari informasi mengenai rumah.com karena link tentang kami, kebijakan privasi syarat dan ketentuan ada di bagian kanan bawah yang ketika pengguna melakukan pencarian akan berada semakin bawah yang akhirnya tidak terlihat oleh pengguna. Website ini belum menuntun pengguna step by step (guidence) dalam melakukan tugas-tugasnya. Untuk membantu pengguna dalam melakukan tugas-tugasnya perlu disediakan fungsi help yang dapat memberikan cara bagaimana penggunaan website tersebut.

4 komentar:

Nidya "Kitty" mengatakan...

salam kenal...


iy neyh web yg lo bahas halaman awalny gmbr smw...
full...
jd pusing jg lyat ny....

hehe

http://nidyap07.student.ipb.ac.id/

http://nidyalovekitty.blogspot.com/

Winda Giam mengatakan...

Situs rumah.com ini terkesan berantakan, karena terlalu banyak gambar yang penempatannya bisa dikatakan tidak teratur. Juga fontnya bervariasi(tidak bagus), ada yang besar, ada yang kecil.

alhusnayaini mengatakan...

Susah juga kalo g ada fungsi help, apa lagi bagi para pemula =)

- http://alhusnayaini88.blogspot.com
- http://ineum06.student.ipb.ac.id

fauzan mengatakan...

mantep banget nih website, bisa lihatin harga rumah dan spesifikasi rumahnya secara detail. BAgi yang pengen nyari rumah, boleh dicoba tuh...